• Saos58

Mengapa Harus Memilih Bahan Makanan yang Halal?

Diperbarui: Mei 27

oleh: Lintang Chininta Putrawan


Halo, Sobat58! Pemilihan bahan baku masakan perlu diperhatikan bagi sebagian orang, di antaranya umat Muslim. Penggunaan bahan yang sudah terjamin halal tentu akan menjadi pilihan utama ketika memasak. Nah, tapi masih banyak yang bertanya-tanya, kenapa kita harus pilih makanan yang halal?


Dalam Islam diyakini bahwa makanan memiliki pengaruh yang sangat besar pada kehidupan manusia salah satunya yaitu akan dikabulkannya doa. Hal ini diterangkan dalam Surat Al-Maidah ayat 87-88 yang berbunyi:

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengharamkan apa yang baik yang telah dihalalkan Allah kepadamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan makanlah dari apa yang telah diberikan Allah kepadamu sebagai rezeki yang halal dan baik, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.”


Dan, Surat Al-Maidah ayat 4 yang berbunyi:

“Mereka bertanya kepadamu (Muhammad), “Apakah yang dihalalkan bagi mereka?” Katakanlah, “Yang dihalalkan bagimu (adalah makanan) yang baik-baik dan (buruan yang ditangkap) oleh binatang pemburu yang telah kamu latih untuk berburu, yang kamu latih menurut apa yang telah diajarkan Allah kepadamu. Maka, makanlah apa yang ditangkapnya untukmu, dan sebutlah nama Allah (waktu melepasnya). Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat cepat perhitungan-Nya.”


Bagi umat Muslim, sudah seharusnya jeli ketika memilih makanan terutama bahan bakunya karena tak jarang ditemukan pencampuran zat haram dalam makanan halal. Berikut ini syarat makanan dikatakan halal, yaitu:


  1. Tidak mengandung zat atau makanan yang diharamkan sebagaimana dijelaskan dalam Surat Al-Maidah ayat 3 seperti daging babi, alkohol, atau bahan lain yang sifatnya haram dalam Islam.

  2. Tidak terkontaminasi najis atau kotoran misalnya urin atau darah kotor.

  3. Tidak menjijikkan

  4. Berasal dari binatang atau tumbuhan yang tidak diharamkan oleh Allah

  5. Diperoleh secara halal; tidak melalui mencuri, zina, menipu, riba, korupsi dan lain-lain.

  6. Diproses secara halal; tidak menggunakan alat masak yang digunakan secara bersamaan dengan makanan haram.

  7. Penyajian dan penyimpanan secara halal; pengolahan bahan makanan sebelum akhirnya dikonsumsi harus diperhatikan dengan tidak menyajikan maupun menyimpan bersamaan dengan makanan haram.



Suatu makanan yang memenuhi persyaratan syariah termasuk makanan yang halal. Selain itu, sudah jelas sehat, proporsional, dan aman (thayyib) dalam hukum Islam juga diartikan sebagai makanan halal. Dengan memilih dan mengkonsumsi makanan halal akan memberikan dampak positif bagi diri sendiri misalnya dijauhkan dari sumber penyakit, memiliki pengaruh baik bagi pikiran dan hati, memperoleh ridha dan perlindungan dari Allah swt, memberikan ketenangan dalam kehidupan, terhindar dari tingkah laku tidak terpuji, mempengaruhi keselamatan di akhirat, dan masih banyak lagi.


Manfaat tersebut inshaAllah akan diperoleh jika kita sebagai umat Muslim senantiasa berhati-hati dalam memilah makanan yang tepat dan sudah terjamin halal. Di Indonesia sendiri tak jarang masih ditemui bahan baku yang belum tentu halal karena tidak memiliki sertifikasi resmi dari badan yang berwenang.


Bagi konsumen yang bingung memilih penyedap masakan, ada alternatif bagi Anda dari PT Iglo Indonesia yang memproduksi berbagai macam bumbu penyedap mulai dari Saos Rasa Raja 58, Saos Tiram 58, Minyak Wijen 58, Kecap Inggris 58, dan masih banyak lagi. Produk Saos 58 menggunakan bahan baku utama biji kedelai asli Indonesia dan diproses dengan menggunakan teknologi yang dipastikan halal serta terjamin kualitasnya.


Nah, bagi Sobat58 jangan khawatir ya karena seluruh produk dari PT Iglo Indonesia sudah tersertifikasi secara resmi oleh LPPOM MUI sebagai makanan yang dijamin halal.


Kalian dapat memastikan sertifikasi Halal tersebut secara mudah dengan mengunjungi situs resmi LPPOM MUI yaitu www.halalmui.org.

Lalu, memilih kolom Cek Produk Halal dan mengetik nama produsen Iglo Indonesia. Dari situs tersebut, akan muncul keterangan lengkap terkait produk saos dari PT Iglo Indonesia halal dan dapat dikonsumsi oleh umat Muslim.


Semoga informasi terkait pemilihan makanan yang halal ini dapat berguna bagi Anda ya, Sobat58. Ingat dan pastikan untuk memilih bahan baku yang halal! :)



Informasi lebih lanjut terkait pembelian produk dari PT Iglo Indonesia dapat ditemukan pada beberapa platform berikut ini:


Instagram: @saos58

Facebook: Saos 58 by PT Iglo Indonesia

Website: www.rasaraja58.com

Shopee: www.shopee.com/saos58

Tokopedia: www.tokopedia.com/saos58

Whatsapp: 08113558171 (NO CALL)


#saosrasaraja58halal #saos58halal #saoshalal #rasaraja58 #rasarajahalal #saosrajarasahalal #saosrasarajahalal #saosrajarasa #saosrasaraja #rasaraja58halal #rajarasahalal

471 tampilan

COPYRIGHT PT IGLO INDONESIA | 2020

www.rasaraja58.com

08113558171